Blogger Widgets

PEMBUATAN KABEL JARINGAN

20.09
 Dalam pembuatan suatu jaringan (LAN),salah satu hal yang tidak bisa kita lupakan adalah pemasangan kabel dan konektor. Salah satu kabel dan konektor yang biasa di pergunakan dalam pembuatan suatu jaringan adalah kabel UTP dan konektor RJ 45 yang berjumlah 8 pin. Pemasangan kabel dan konektor ini, jangan lah kita anggap sepele karena hal ini termasuk hal yang sangat penting dalam perencanaan dan pembuatan sebuah jaringan (LAN). Ada dua jenis kabel jaringan yaitu straight dan crossover.



1.        Peralatan dan bahan

 RJ-45
 Kabel UTP
 Crimping


LAN tester


1.       Langkah kerja
1)      Siapkan beberapa peralatan yaitu
·         Kabel UTP
·         Konektor RJ 45
·         Crimping
·         LAN tester
2)      Kupas ujung kabel UTP sekitar 3 cm menggunakan crimping,lalu buka bagian luar kabel nya di dalamnya terdapat beberapa kabel kecil dengan berbagai warna

3)      Rapihkan bagian dalam UTP
4)      Lalu susun urutan warna kabel seperti berikut :
Straight
Crossover
Putih-Orange
Orange
Putih-hijau
Hijau
putih-hijau
Biru
Putih-orange
Biru
Putih-biru
Hijau
Putih-biru
Orange
Putih-coklat
coklat
Putih-coklat
coklat

Straight yang memiliki cara pemasangan yang sama antara ujung yang satu dengan ujung lainnya. Kabel straight di gunakan untuk menghubungkan 2 device yang berbeda.
Sedangkan crossover merupakan kabel yang memiliki susunan berbeda antara ujung satu dengan ujung yang kedua.kabel crossover digunakan untuk menghubungkan 2 device yang sama.
5)      Setelah kabel di susun,ambil konektor RJ 45 kemudian masukan kabel-kabel tersebut dalam RJ 45 sesuai urutan kabel jenis yang akan di buat.
6)      Setelah itu jepit  RJ 45 tadi yang telah di susun sesuai urutan warna,menggunakan crimping dan dorong kabel UTP sehingga kabel kecil bagian terlihat di ujung konektor RJ 45.
7)      Dan ujung satunya prosesnya sama seperti proses sebelumnya
8)      Kalo kabel telah dibuat uji menggunaka LAN tester

0 komentar:

Posting Komentar

Husen Xperia. Diberdayakan oleh Blogger.